Thursday, September 27, 2012

Tokoh Pendiri Ponpes Lirboyo Kediri

Tokoh Pendiri Ponpes Lirboyo Kediri



Beliau tokoh pigur pendiri Pon-Pes Lirboyo kediri. Foto yang kiri Almagfur KH.Marzuqi Dahlan beliau adalah penerus pengasuh Pondok pesantren Lirboyo.Dengan ilmu yg bgtu dlm dan luas,tindk tanduk bliau yg tenang dan bersahaja,bliau hmpir tdak mnunjukan seorang alim alamah. Wajah bliau adalah cerminan kesejukan dan kdamain lingkungan sungai Brantas,tempat bliau lahir dan di besarkan.

Dan yang tengah almaghfur KH Abdul Karim pendiri pondok Pesantren Lirboyo Kediri.di desa Diangan.kawedanan Mertoyudan.Walaupun letaknya agak terpencil di wilayah selatan magelang,akhirnya tempat pengasingan dan basis terakhir laskar Pangeran Diponegoro itu terjamah pula.Disinilah,pada tahun 1856 M.KH Abdul Karim dilahirkan.Saat cengkraman penjajah masih sangat kuat,kemungkaran menginjak-injak yg hak,kebodohan dan kesengsaraan bgtu lekat.Suasana yg bgtu mngirngi lahirnya tokoh besar,seakan memberi isyarat tokoh inilah yg kelak menegakan yg hak dan menghilngkn kemungkran.


Dan foto yg sebelah kanannya adalah KH Mahrus Aly. Di Gedongan inilah,pada tahun 1906 M.beliau KH Mahrus Aly dilahirkan dri seorang ayh brnma KH Aly bin Abdul Aziz dan seorang ibu bernama Hashinah binti Sa'id.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...