Tuesday, August 14, 2012

PERBEDAAN CARA SALAT MENURUT MAZHAB SYAFI'I DAN HANAFI

PERBEDAAN CARA SALAT MENURUT MAZHAB SYAFI'I DAN HANAFI

Ketika kalian salat, kalian mengucapkan, "Allahu Akbar!" Seperti pada Mazhab Syafi'i, mereka harus mengikuti prosedur tertentu ketika memulai salat. Di dalam Hanafi, kalian cukup mengucapkan, "Allahu akbar" dan kemudian melakukan salat; tetapi di dalam Syafi'i seluruh tubuh kalian harus berkonsentrasi penuh dan memusatkan pikiran (bertafakur) pada saat mengucapkan, "Allahu akbar." (sambil memperagakan bagaimana bertakbiratul ihram menurut mazhab Syafi'i), membawa seluruh kekuatan luar kalian ke dalam kalbu. Itulah sebabnya ketika kalian salat bersama pengikut Syafi'i kalian melihat mereka bertakbir, "Allahu..." allahu (lalu mengulangi lagi) Allahu akbar..." itu adalah untuk menyakinkan, dan bukannya bermain-main, bahwa ketika merek
a memasuki salat, mereka memasuki jalan yang benar dalam memerangi Setan. Itulah niat yang paling penting dari salatnya. 
Mereka memiliki prinsip ini di dalam mazhab Syafi'i, sementara mazhab Hanafi mengatakan, innamaa'l- `amaalu bin-niyyat, (segala sesuatu berdasarkan niat), jadi mereka langsung mengucapkan "Allahu akbar." Dan mereka mengatakan niatnya adalah untuk Allah lalu serahkan amalan itu kepada Allah, tetapi mazhab Syafi'i berbeda, mereka mengatakan, "Kita harus fokus dalam memasuki/memulai salat."

Dan di dalam mazhab Hanafi ketika kalian mengikuti imam, kalian tidak perlu membaca apa-apa. Di dalam Syafi'i kalian membaca, ketika imam membaca Surat al-Fatiha, kalian membacanya setelah imam, itulah sebabnya imam berhenti sejenak untuk memberi kesempatan makmunya untuk membaca Surat al-Fatiha. Ketika kalian membaca, kalian lebih berkonsentrasi. Tetapi Hanafi mengatakan bahwa imamlah yang mengembang tanggung jawab. Tetapi Syafi'i berkata, "Tidak, kalian harus membacanya bersama imam atau mengikutinya atau membacanya setelah imam menyelesaikannya. Dengan begitu kalian lebih berkonstrasi."

{dari Shuhba Mawlana Syekh Hisyam Kabbani (q), 13 Agustus 2012}

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...