Saturday, May 11, 2013

Puasa Rajab dan Sungai Rayyaan

Sultan al-Awliya Mawlana Syekh Nazim al-Haqqani, 1 June 2011 

Mawlana Syekh Hisyam: Mubarak Rajab! Rajab adalah bulannya Allah. Apakah besok puasa? 

Mawlana Syekh Nazim: Mereka boleh berpuasa, satu hari, dua hari, atau sepanjang bulan; ada kabar gembira dan berkah bagi mereka yang berpuasa. Ada sungai di Surga yang disebut Rayyaan, dan barang siapa yang berpuasa, walaupun hanya sehari, ia akan minum dari mata air itu di Surga, insyaa-Allah. Fatihah.


Rahasia Isra Miraj pada 27 Rajab

Muslimsufi : Rahasia Isra Miraj pada 27 Rajab





Rahasia Isra Miraj pada 27 Rajab
Mawlana Syekh Muhammad Hisyam Kabbani QS
Jakarta, September 2004


Audzubillahi minasy syaithanir rajim, Bismillahir Rahmaanir Rahim

Allah SWT mengirimkan Kitab Suci al-Qur’an untuk menyiapkan umat Nabi (saw), mengapa Allah SWT memanggil Nabi SAW pada tanggal 27 Rajab untuk Isra Mi’raj?  Ada rahasia di balik tanggal tersebut.  Mengapa tidak diturunkan pada tgl 25 atau 23 Rajab?  Laylat Isra Mi’raj, 27 Rajab adalah sesuatu yg tetap.  Kita berpuasa pada tanggal 27 Rajab.  Setiap kita melewati 27 Rajab atau 27 Ramadan hati kita senang tetapi kita tak pernah bertanya? 

Awliya bertanya,  “Mengapa Ya Allah SWT, apa Rahasia di balik tanggal 27 tersebut?”  Dan Allah SWT memberi jawaban kepada mereka melalui Nabi Muhammad SAW.  “Setelah 27 adalah 28, dan alfabet Islam seluruhnya berjumlah 28 huruf, di mana huruf ke-28 adalah Ya.”  Artinya pada malam ke-27 Allah SWT membawa Nabi SAW untuk Isra Mi’raj dan untuk mempersiapkan beliau untuk malam ke-28.  Huruf ke-28 adalah huruf terakhir, yaitu “Ya”, yang berasal dari nama Nabi Muhammad SAW, “Yaasin”, atribut beliau yang paling istimewa.

Alif adalah huruf pertama dalam abjad dan merupakan simbol awal.  Nama Allah SWT diawali dengan alif.  “Dari Alif hingga Ya, Aku siapkan engkau, wahai Nabi SAW, untuk ke-28 Samudra Ilmu Allah SWT.”  Allah SWT menyandangkan pakaian Ilmu Allah SWT kepada Nabi SAW.  Sesuatu yang berasal dari akhirat dimulai dengan Alif, Islam dimulai dari huruf alif, Ihsan diawali dengan alif, Iman diawali dengan alif.  Sementara Muhammad SAW, diawali dengan huruf mim.  Islam yang diawali alif, menjadi Muslim yang diawali mim, Iman yang diawali alif menjadi Mukmin yang diawali mim, oleh sebab itu, di antara alif dan mim adalah area transisi di mana Allah SWT mempersiapkan Nabi SAW.

Huruf terakhir Ya merupakan nama awal Nabi SAW, Yasin.  Yasin adalah jantungnya Al-Qur’an, Intisari Al-Qur’an, ketika manusia mati mereka membacakan surah Yasin (akhir huruf dalam abjad Islam dan akhir kehidupan dibacakan Yasin). Allah SWT berikan rahasia setiap huruf dari surat Yasin tersebut, di dalam setiap huruf Al-Quran berarti lebih dari 500.000 makna. Setiap alif bisa berarti berbagai macam makna sesuai tempatnya.  Setiap huruf di dalamnya mempunyai arti-arti sendiri, setiap huruf seperti cahaya ilmu pengetahuan.

Tak semua hamba-Nya mengetahui rahasia ilmu tersebut, seperti perumpamaan bahwa Ilmu Nabi SAW tak setetes pun dari Samudra Ilmu Pengetahuan Allah SWT, dan ilmu Sahabat dibanding Nabi SAW seperti setetes dari samudra ilmu Nabi SAW dan ilmu awliya dibanding sahabat seperti setetes dari ilmu sahabat, demikian pula ilmu ulama dibanding ilmu awliya seperti setetes dari samudra ilmu awliyaullah.

Kita mengetahui bahwa ilmu kita sangatlah sedikit, kita tidak mengetahui hal itu semua, tetapi tetap saja kita arogan bahwa kita orang yang berilmu, congkak. Kita merasa diri kita orang penting, kita ingin orang mengetahui kita orang yang berilmu.  Lebih baik bagi kalian bila kalian duduk di pojok, menghinakan diri dan merasa tak mengetahui apapun.  Jangan membanggakan diri kalian di hadapan orang lain, karena ketika kalian membanggakan diri, maka Iblis segera masuk ke dalam diri kalian.  Nabi SAW adalah manusia yang sangat merendahkan dan menghinakan diri di hadapan Allah SWT, sehingga Allah SWT mengangkat derajat beliau.

Jika seseorang bersifat rendah hati maka Allah SWT akan mengirimkan orang tersebut hamba-hamba- Nya yang terbaik dari para waliullah untuk membimbingnya.  Tetapi kepada hamba-Nya yang arogan—takabur, Allah SWT pun mengirimkan orang-orang- Nya juga, dari segi kuantitas—banyak, tetapi mereka bukanlah hamba-hamba- Nya yang terbaik, para awliya-Nya.  Kita boleh berbangga karena kita mencintai Nabi SAW, kita boleh bangga karena kita memeluk Islam, tetapi kita tidak boleh berbangga karena amal kita.  Amal yang kita banggakan akan kembali kepada kita bila kita menyombongkan amal di hadapan orang lain atau di hadapan-Nya.

Seperti juga kita tahu nama-nama hewan, seperti keledai atau singa. Maka seperti Singa, ia memiliki ribuan nama yang sama, di Inggris disebut Lion, di Perancis Leon, ada berapa banyak bahasa di dunia ini?  Bila di Cina saja ada ribuan bahasa. Maka singa pun memiliki begitu banyak nama.  Begitu pula siapa namamu??!!  Ketika orang menanyakan nama kita, kita membuka KTP, Kartu nama, Oo..Sunarto, Suharto, Bambang.  Kita bahkan kadang tak tahu siapa yang memberikan nama kita, siapa yang memberikan nama kalian?, kita tak tahu nama kita sesungguhnya, hanya Allah SWT yang tahu nama kita sebenarnya.  Allah SWT memberikan nama hanya kepada Nabi Muhammad SAW dan nabi-nabi yang tercantum di dalam Al-Quran.  Tetapi kita tak mempunyai nama dan identitas itu.  Nama kita hanya berasal dari orang tua kita.  Kita tidak memiliki kejelasan status kita di dunia ini, kita tak memiliki nama, kita adalah nothing, tetapi tetap saja sombong dan membanggakan diri di hadapan mahluk maupun di hadapan- Nya.

“Siapa yang mengetahui dirinya mengetahui Tuhannya”, bahkan saat ini pun kita tidak tahu apa nama kita.  Mereka pikir diri mereka Ulama, Syekh Besar, politisi.  Wahai manusia letakkan dirimu serendah mungkin, janganlah sombong di hadapan mahluk-Nya bahkan di hadapan Allah SWT.  Bila kita meletakkan diri kita serendah mungkin, maka Allah SWT akan mengangkat derajat kita.  Ketika Allah SWT membuka hati hamba tersebut, maka hamba itu menjadi awliya-Nya, maka pada saat itu Allah SWT memberikan rahmat-Nya kepada para awliya-Nya. Wali-wali Allah SWT tidak pernah bersedih hati.

Jika kita berniat mencari wali Allah, maka kita pasti akan menemukan mereka. Mereka bisa datang melalui mimpi, atau melalui berbagai cara lain, tetapi kita harus mulai dengan niat untuk menemui mereka, dan ketika awliya berada di hadapan kita, jangan lepaskan kesempatan itu.  Saya hanya seperti kalian, saya bukan wali, saya pun mencari wali, saya tidak pernah mengatakan bahwa diri saya adalah seorang wali, hasha!  Saya memang berada di pintu seorang wali, yaitu Mawlana Syekh Nazim QS.  Saya bukan apa-apa, selama 55 tahun saya mengikuti seorang wali besar, Sulthanul Awliya Mawlana Syekh Muhammad Nazim Adil Haqqani QS, beliaulah yang membawa kita semua ke hadirat Nabi SAW.

Ilmu yang saya berikan kepada kalian, berasal dari beliau.  Mata tak mungkin berada di atas alis, tak pernah!!  Dialah Syekh Nazim QS, pembimbing kita semua, Syekh kita semua, Sultan untuk kita semua.  Kita semua adalah murid beliau. Jika beliau ingin membuka hati kita untuk berbicara maka beliau akan memberikan otoritasnya kepada hati kita dan kita bisa berbicara.  Setiap orang senang mendapat buah-buahan segar, mereka tak suka dengan buah yang sudah busuk, buah yang tidak segar.  Awliyaullah selalu mendapatkan buah yang segar untuk kalian, karena hati mereka selalu tersambung kepada para sahabat, Abu Bakar ash-Shiddiq RA, Ali bin Abi Thalib RA, KW dan mereka mendapatkannya dari hati Rasulullah SAW.

Dengan kerendahan hati para awliya, maka Allah SWT memberi mereka ilmu untuk membimbing dan memperbaiki umat. Mereka tak perlu mempersiapkan makalah untuk bicara di hadapan orang-orang.  Makalah untuk orang biasa, sedangkan ilmu awliya berasal langsung dari Nabi SAW.  Makalah ulama, profesor tidaklah seperti buah yang segar tidak baru, sedangkan yang disampaikan awliya adalah informasi yang masih segar yang berasal dari Syekhnya dan itu semua berasal dari hati Rasulullah SAW.

Dengan jalan itu mereka selalu menerima informasi yang segar yang disampaikan kepada kita, informasi yang berguna untuk memenuhi kebutuhan saat itu juga.  Syekh kita mempunyai begitu banyak wakil yang mempunyai otoritas untuk menyampaikan hal tersebut.  Allah SWT memiliki 124.000 wali, setiap wali memiliki level yang berbeda, dari yang terendah hingga tertinggi. Semua wali dari yang terendah hingga tertinggi mampu melihat cahaya Rasulullah SAW, cahaya itu bersinar begitu terangnya.  Cahaya itu selalu kontinu mengalir ke hati para awliya seperti air terjun. Janganlah kalian bayangkan bahwa cahaya hanya mempunyai 20 warna saja, tetapi bisa berjuta-juta warna.

Setiap wali melihat cahaya warna yang berbeda sesuai dengan levelnya masing-masing.  Kadang-kadang ada wali yang tingkatannya terendah hanya bisa menangkap dua warna: biru dan merah saja, sementara yang lain hanya kuning dan hijau saja.  Tetapi sebenarnya di antara dua cahaya tersebut ada berjuta-juta warna lainnya.  Awliya, ketika melihat hati Nabi SAW mereka melihat cahaya. Tetapi awliya yang levelnya paling tinggi, wali yang memiliki level tertinggi dapat melihat jutaan cahaya, tetapi ia pun sangat rendah hati.  Karena kerendahan hatinya itu, ia tidak mengatakan jutaan warna, jutaan informasi yang ia dapatkan dari hati Rasulullah SAW.  Ia dapat melihat dan menyampaikan, ia bisa mengambil ilmu yang tersembunyi dari hati Nabi SAW.  Di setiap jutaan waktu akan terjadi jutaan cahaya yang berbeda, begitu pula jutaan informasi yang berbeda.

Setiap wali diberi anugerah yang berbeda-beda, meskipun levelnya berbeda mereka memiliki penampilan yang sama.  Sehingga kadang mereka yang berada di level terendah menyangka dirinya sama.  Wali di level tertinggi atau terendah bisa menyerap informasi dari hati Rasulullah SAW untuk disampaikan kepada kita semua.  Dari wali tertinggi yang memiliki jutaan cahaya, maupun yang terendah, yang hanya mampu menangkap satu atau 2 warna, penampilan mereka adalah sama.  Setiap wali bisa saja mempunyai 1000 wakil untuk menyampaikan informasi dari hati Nabi SAW.  Meskipun demikian setiap wali memiliki cahaya yang berbeda-beda, bisa saja wali di area ini hanya melihat warna merah, sementara yang lain biru dan lain-lain.  Tetapi mereka terlihat sama walaupun sebenanrnya berbeda.  Wali di level yang lebih rendah mengira bahwa dirinya sama dengan wali yang lain, tetapi wali di level yang lebih tinggi, mereka dapat mengetahui di mana posisi mereka sebenarnya.

Setiap wali mempunyai kemampuan yang berbeda-beda untuk bicara.  Meskipun demikian di hadapan Syekh Nazim QS mereka tampak sama, tetapi Syekh mengetahui kemampuan mereka, jadi kita jangan mencampur-adukkan mereka seolah-olah sama padahal mereka memiliki kemampuan yang berbeda satu sama lain sesuai levelnya masing-masing.  Kemampuan ilmu itu berasal dari hati Mawlana Syekh Nazim QS, Sultan kita.

Mawlana Syekh Nazim qs mengatakan bahwa pada tanggal 27 Rajab akan terjadi pembukaan yang besar kepada umat. Setiap tiran, penguasa yang zalim akan kalah. Bukan hanya tiran dari golongan non muslim tetapi juga dari seluruh makhluk-Nya. Tiran non muslim maupun tiran muslim akan kalah, musnah, dan orang yang memperoleh pengampunan akan menggantikan posisi mereka.

Pembukaan ini dimulai pada tanggal 27 Rajab, dan pada tanggal 15 Sya'ban seluruh umat akan mengetahui informasi ini. Siapa pun yang menggunakan Islam untuk keuntungan mereka, akan dibersihkan satu per satu untuk kemunculan Sayyidina Imam Mahdi AS, tidak akan ada penundaan lagi.  Penderitaan umat telah sangat berat.  Dari informasi melalui hati Syekh Nazim QS, bulan Rajab ini adalah waktu yang sangat penting, awliyaullah menerima informasi bahwa pada tanggal 27 Rajab akan dimulai penghancuran terhadap para tirani tersebut.

Bisa saja ada kejadian-kejadian yang luar biasa besar di hadapan kita, kejadian yang tak pernah diperkirakan kita semua. Dan pada tanggal 15 Sya'ban umat akan menerima informasi apa yang sedang terjadi.  Zaman ini adalah zamannya Imam Mahdi (as), banyak ulama yang mengatasnamakan agama untuk kepentingan politik.  Mereka akan dihancurkan satu per satu, tahap demi tahap. Bulan Rajab adalah pembalasan kepada para tiran tersebut.

Berbahagialah khususnya mereka yang telah melaksanakan khalwat.  Mereka seperti bintang yang bersinar, dan menjadi yang baik di antara kita, peganglah tangan mereka.

Wa min Allah at Tawfiq

Monday, May 6, 2013

Bagaimanakah cara memandang kepada pelaku maksiat?

Alhamdulillah, saya menemukan sebuah video yang sangat berkesan bagi diri saya pribadi dan semoga juga bermanfaat bagi saudaraku dimanapun berada. Video ini berisi sebuah suhbah dari Syaikh Al-Habib Ali al-Jufri. Saya mencoba menyalinnya kembali dalam bentuk tulisan dengan maksud sebagai catatan pribadi dan juga agar semakin mudah disebarkan mutiara-mutiara ilmu hikmah dari beliau. Sehingga kita bisa mengambil manfaat darinya untuk semakin meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT..aamiiin..

Berikut kutipan suhbah yang saya maksud, walaupun tidak lengkap dan hanya beberapa patah kata namun sangat mendalam maknanya bagi kita. Bagaimanakah cara memandang kepada pelaku maksiat? begitulah kiranya isi suhbah yang disampaikan. Mengajarkan kepada kita bagaimana seharusnya kita bersikap terhadap sesuatu yang merupakan rahasia Allah SWT..

Terimakasih kepada penerjemah yang telah bersusah payah menerjemahkan suhbah dari Al Habib Ali al Jufri yang sangat bermanfaat ini.

Bagaimanakah cara memandang kepada pelaku maksiat?
Oleh : Syaikh Al-Habib Ali al-Jufri 


" Kenapa kamu melihat diri kamu lebih baik dari orang lain? Pikirkanlah. Berhati-hatilah wahai orang yang yang hendak menuju kepada Allah SWT. Janganlah kamu melihat orang yang berdosa atau orang yang bermaksiat dengan pandangan penghinaan. Itu adalah suatu keadaan yang sangat bahaya. Pandangan yang seperti ini adalah yang dilarang. Ia akan memberi kesan pada hati. Ia menzalimi hati disebabkan oleh pandangan sedemikian menyebabkan hati menjadi gelap.

Telah melihat seorang abid dari Bani Israil yaitu seorang abid selama 500 tahun hanya beribadah saja. Telah melihat seorang abid dari Bani Israil kepada seorang fasik dari Bani Israil yang tidak pernah taat langsung kepada Allah SWT. Seorang ini datang dari satu arah dan seorang yang lain pula datang dari satu arah. Ketika keduanya saling melihat satu sama lain, saling berpalinglah keduanya satu sama lain. Tetapi atas sebab apa? Ahli ibadah ini berpaling atas sebab keangkuhannya terhadap orang yang bermaksiat itu. Ia menyangka Allah tidak mengampuniya selama-lamanya. Dia melihat dirinya lebih bagus atas sebab ibadahnya. Makna ibadah yang sesungguhnya adalah ibadah yang menambahkan kita kerendahan diri dan senantiasa merasa kekurangan. Ahli ibadah ini berbangga dengan amalan ibadahnya.

Orang yang bermaksiat itu pula berpaling dari ahli ibadah, tapi atas sebab apa? Karena dia malu terhadap Allah SWT. Ketika mana dia berpaling dari ahli ibadah itu dia berkata: "Astagfirullah al adzim siapalah aku ini untuk berjumpa dengan seorang yang baik lagi beribadah sedangkan aku ini orang yang fasik."

Adalah abid ini dari golongan Bani Israil ianya mendapat karamat (kemuliaan) karena ibadah yang bagus dia lakukan bahwasanya awan menaunginya apabila dia berjalan. Apabila datang mentari di waktu pagi, datang awan menaunginya. Maka ketika dia bertemu dengan orang fasik tadi kemudian dia berpaling dari si fasik itu karena takabbur. Apa yang difokuskan disini adalah tentang pandangan. Pandangannya kepada si fasik itu dengan pandangan kesombongan dan berpalingnya si fasik itu karena malu, ketika mereka berpisah, awan yang berada di atas si abid itu terus meninggalkannya dan mengikuti si fasik lalu menaunginya selepas itu. Apa sebabnya? karena dia (si abid) memandang dengan pandangan penghinaan.

Tidak dibenarkan bagi kamu menghina seseorang. Hinalah maksiat tapi jangan kamu menghina si pelaku maksiat. Hinalah kekufuran tapi jangan kamu menghina si kafir. Karena (secara) hakikat yang telah dihinakan pada kafir itu adalah hakikat kekufuran. Apakah dia hakikat kekufuran itu? yang mati dalam kekufuran. Tapi selagi mana dia masih hidup ia tidak dihinakan. Sesungguhnya kamu tidak tahu keadaan yang bagaimana ia mati. Jadi kamu langsung tidak dibenarkan menghina seorang pun daripada makhluk Allah SWT.

Ada tiga jenis bentuk pandangan. Dari malam ini kita tutup daripada berlaku pembalikan sehingga tidak menzalimi hati ini.
1. Melihat kepada aurat, yaitu apa yang diinginkan oleh nafsu.
2. Melihat dunia dengan pandangan kebesaran
3. Melihat makhluk Allah dengan pandangan penghinaan.

Tiga pandangan ini kita niat agar dijauhkan darinya. Kita berlindung dari tiga perkara ini dengan pandangan yang akan mencurahkan cahaya pada hati ini. Pandangan yang akan mencurahkan cahaya pada hati ini adalah pandangan yang telah dibenarkan Allah ta'la untuk melihatnya dengan pandangan tafakur. Dan pandangan kepada ibu bapak, kepada Ulama, kepada kawan-kawan seislam dengan pandangan kasih sayang. Dan pandangan kepada pelaku maksiat dengan pandangan belas kasihan. Dan pandangan kepada orang yang taat dengan pandangan kemuliaan. Inilah dia bagian dalam pandangan melihat kepada lembaran al Quran. Pandangan yang seperti ini memberi cahaya dalam hati. Inilah dia jalan penyelesaian terhadap 3 jenis pandangan tadi.

Dalam pembicaraan kita tentang hati dalam majlis hari ini. Mestilah berjaga-jaga terhadap perkara ini. Jadi kita ulang kembali secara ringkas di akhir majlis kita. Dalam majlis kita mebicarakan tentang faidah/hasil taubat. Terhasil taubat di hati dengan melahirkan imaknya ke jalan menuju Allah SWT. Impaknya ini akan menyebabkan kita bergerak berpandukan hati. Hati ini penting karena ia merupakan tempat pandangan Alllah dan diantara kepentingan hati seperti sabda baginda Sayyidina Muhammad SAW ketika bersaksi untuk bersumpah: " Demi Yang Maha Membolak-balikkan hati. jadi membolak balik hati ini merpuakan perkara yang sangat penting.

(bersambung)






Sumber: http://www.youtube.com/watch?v=Z51cFs3CPJM&feature=share


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...