Sunday, March 9, 2014

Perbanyaklah Istighfar dan jauhi yang Haram

Perbanyaklah Istighfar dan jauhi yang Haram
Mawlana Syaikh Muhammad Hisyam Kabbani qs
London, UK - 9 Maret 2014

Mawlana Syaikh Hisyam Kabbani qs, UK Tour 9 Maret 2014
Mawlana Syaikh Hisyam Kabbani qs, UK Tour 9 Maret 2014


Bismillahir Rahmaanir Rahim

Ada yang ingin berbicara? Ada pesan dari jamaah Spanyol, Shaykh Abdul Wahid? Jika kalian berkunjung ke Spanyol, Sh Abdul Wahid akan memotong kambing untuk kalian makan. Assalamu alaykum wr wb. Alhamdulillah, semoga semua jamaah dalam keadaan selamat, Shaykh Faruk bagai tornado, kalau dia pergi semua akanmengikutinya pergi. Sebelum meminta Shaykh Ali untuk qasidah, aku akan berbicara sedikit.

Assalamu alaykum wr wb. Problem diri kita adalah kita berpikir bahwa kita adalah sesuatu bahwa dia seseorang yang telah bekerja dengan baik maka dia berhak mendapatkan sesuatu yang istimewa, tetapi dalam realitasnya kita adalah pendosa, sehingga kita tidak berhak akan apapun. Kalian harus senantiasa menjaga amanah.

Seperti dikantor ketika bos pergi dan seseorang dititipkan amanah  untuk menjaga kantornya, kemudian tiba-tiba dia bagai bosnya mengatur dan mengatakan ini dan itu seperti bosnya bahkan yang tidak disuruh oleh bosnya. Ketika bosnya pergi dia mengira bosnya sudah mati maka dia dapat menggunakan amanah yang dipercayakan kepadanya semaunya dan dia mengkhianati amanahh itu. Itulah sebabnya kita harus sering beristigfar, astaghfirullah, astagfirullah, astagfirullah berkali-kali setiap saat.

Dan saya melihat banyak dari kita yang melanggar amanah. Allah menawarkan amanah itu kepada bumi, surga dan gunung dan mereka menolaknya karena tidak mampu membawa amanah itu. Allah memberikan amanah kepada malaikat di surga tetapi mereka menolak karena takut dan tak sanggup membawa beban amanah itu. Jika malaikat saja tidak mampu membawa amanah itu, padahal malaikatlah yang membawa mendukung Arsy-Nya yang sangat berat hingga malaikat tak kuat membawanya, tetapi sesungguhnya arsyi yang membawa para malaikat-malaikat itu. Maka membawa amanah memerlukan kepercayaan dan kerendahan hati.

Malaikat takut membawa amanah, bumi juga takut membawa amanah itu. Bumi mengetahui bahwa akan banyak pembunuhan besar terjadi dimuka bumi, maka bumi menolak amanah itu. Allah menciptakan gunung adalah untuk menstabilkan bumi sebagai pakunya. Gunung yang sangat besar adalah untuk menyeimbangkan bumi, tetapi bukan hanya gunung secara fisik, tetapi gunung-gunung itu juga berarti Awliya Allah dengan dzikirnya menyeimbangkan dan menjaga kestabilan bumi ini, membuat bumi tidak berguncang.

Ketika Allah menawarkan amanah itu kepada manusia, manusia menerimnya, mereka berkata, Aku sanggup membawa amanah ini dengan segala kekayaan di bumi ini. Hari ini seseorang yang punya 1 milyar rupiah mereka ingin memiliki 10 milyar. Kalian tahu orang terkaya didunia Onasis yang menikahi Jacky Kennedy istrinya Presiden Kennedy setelah presiden wafat. Dan Onasis dia punya anak yang dicintainya, dan dia berikan semuakekayaannya dan tiba-tiba anaknya mati karena kecelakaan helikopter. Maka apa gunanya uang yang deikian banyak itu, dia berikan kepada Yayasan perawatan anjing dan kucing. Mengapa mereka tidak berikan kepada anak yatim piatu, anak-anak miskin? Tetapi mereka lebih sayang  kepada anjing dan kucing daripada anak-anak yatim piatu. Kita boleh saja menyayangi binatang tetapi sayangi juga manusia, terutama anak yatim.

Allah menawarkan amanah kepada surga, bumi, dan gunung dan mereka tak sanggup membawa amanah itu. Tetapi manusia yang memiliki banyak dosa, mereka menerima amanh itu. Apakah disini ada yang tidak punya dosa? angkat tangan. Semua punya dosa maka, kita beristigfar setiap saat, astagfirullah, astaghfirullah, maka dosa kita dihapuskan. Siapa yang punya dosa angkat tangan? Tadi kita sudah ucapkan istigfar maka dosa kita dihapuskan, beruntunglah kita yang mempunyai guru Sultan Awliya.

Ada dua macam ilmu, ilmu Awraq atau ilmu buku-buku dan ilmu Azwaq atau ilmu rasa. Untuk merasakan air kalian tidak bisa merasakan dengan hanya membaca buku, tetapi kalian harus meminum air itu, baru kalian dapat merasakannya, apakah asin atau manis, jika asin maka semakin banyak kalian minum, kalian akan semakin haus. Istighfar menghapuskan dosa, maka ingatlah untuk beristigfar setiap saat, setiap hari karena ini sangat penting. Seseorang yang membeli sebuah Bank, maka dia juga membeli seluruh hutang-hutang dari bank itu, apapun hutang yang ada dia manerimnaya, maka kau harus memiliki asuransi sehingga hutang-hutan itu akan ditanggung asuransi. Apakah kita punya asuransi yang dapat menjamin kita untuk dapat masuk ke surga?

Alhamdulillah kita sering bersalawat dan memiliki syafaat dari Nabi (saw), itu adalah tiket kita dan juga istighfar kita merupakan tiket kita ke surga. Jika kita tidak menerima amanah itu dari Allah maka kita akan selamat,  tetapi sekarang kita melihat diri kita, sehari beriman sehari berikutnya kafir, sehari kita baik besok kita buat dosa. Kafaru memiliki banyak arti, banyak muslim yang hanya mengartikan hanya sebagai kafir, sebenarnya juga bisa berarti dia menolak perintah yang baik, satu hari kita beriman besoknya tidak beriman, artinya kita tidak berada dijalan yang benar maka inilah yang Allah katakan bahwa manusia menzalimi dirinya sendiri. Karena kita bodoh, dan kita sering membangkang perintah Allah dan mengerjakan apa yang haram dan dilarang.

Kita tidak bisa mengatakan bahwa kita 100 % sempurna atau 50 % sempurna, satu kali saja kita buat dosa kita akan terjatuh sangat dalam.  Alhamdulillah mereka yang datang ke masjid ini artinya kalian masih menginginkan untuk memperbaiki diri kalian, untuk menaikkan spiritualnya. Tetapi nafsu ego kita menginginkan kita terjatuh bersama nafsu kita yang menginginkan hal yang buruk, dan manusia selalu menzalimi dirinya, bodoh dan membangkang. Kita semua zalim kepada diri kita seperti dikatakan didalam al-Quran, bahwa kita selalu menzalimi diri kita, kita tidak punya akal sehat, karena apa yang kita kerjakan selalu melawan perintah Allah.

Lihatlah pria wanita, anak muda mereka terjatuh dalam bebagai masalah, karena halal haram, kalian ingin makan yang halal atau haram, (hadirin : yang halal), khususnya Orang Pakistan mereka sangat berhati-hati untuk  memastikan makanan yang halal, untuk memotong hewan dengan halal. Maka kejarlah yang halal dan tinggalkan yang haram. Pergi ke Masjid halal atau haram? (halal). Pergi ke bioskop halal atau haram? (haram). Lalu mengapa kau masih juga pergi kebioskop? (hadirin tertawa)

TV halal atau haram? (Sebagian bilang Halal dan yang lain Halal). Lalu menagapa kau menonton TV dengan program yang haram? Internet, iphone, HP halal atau haram? Ketika kita bisa mengakses yang haram dari HP kita, maka kita senantiasa membawa sesuatu yang haram bersama kita, kemanapun kita pergi.Hari ini kita bahkan mema-matai saudara kita sendiri, halal apa haram? Maka jangan memata-matai saudaramu. Bagaimana menjadikan  Smartpohone atai iphonmu menjadi halal? Maka muatlah dengan program al-Quran, Salawat, Waktu Azan dan Alarm Istigfar setiap 30 menit untuk senantiasa mengingatkanmu untuk beristigfar.

Apakah kau ingat untuk mengucapkan istigfar? Ketika kalian di bioskop pria wanita kemudian tiba-tiba HP Iphonemu berdering dan bersuara Astagfirullah, astgfirullah. Apa yang kalian akan lakukan? (Semua jamaah tertawa). Maka perhatikan untuk membuat telponmu halal dengan senantiasa mengingatkan dirimu melalui alarm astagfirullah dan akan selalu mengingatkanmu untuk beristigfar. Allah berfirman,"Katakan kepada manusia Ya Muhammad, jangan hilang harapan atas rahmat Allah, maka ucapkan astaghfirullah setiap saat, rahmat Allah, artinya Allah menginginkan kalian untuk beristigfar setiap saat, maka kita dapat memasang alarm istigfar di hp kita, maka menjadi halal, setidaknya kalian akan mengingat istigfar dan untuk tidak dikontrol setan, karena banyak manusia hari ini yang tidak pernah beristigfar, tidak ingat untuk beristigfar mengucapkan astagfirullah setiap saat.

Awalnya Allah mewajibkan kalian solat 50 waktu, bukan hanya 5 waktu salat. Coba kalian kalikan 50 waktu salat x 10 menit maka 500 menit atau 8 jam beribadah, maka tidak ada waktu bagi kalian untuk pergi ke bioskop, berbuat buruk. Tetapi Nabi saw mengetahui kelemahan umatnya, maka beliau saw meminta untuk dikurang dari 50 waktu salat menjadi hanya 5 waktu salat. Maka kalian tetap bisa mengisi waktu yang tersisa dengan mengucapkan banyak istigfar, astagfirullah.

Allah berfirman,"Ya Muhammad ingatkan mereka yang beriman, maka mengingatkan adalah baik untuk orang beriman. Perintah ini ada didalam Quran. Semoga Allah swt memaafkan kita dan memberikan kita rahmatNya, dan kita ingin selalu bersama berjamaah sesama muslim, mukmin tidak hanya orang tariqat saja yang boleh ke Masjid Syaikh Nazim ini, sepanjang mereka islam mereka boleh datang. Tariqat adalah hubungan kalian dengan Allah, tetapi mereka yang bukan dari tarikat mereka juga bisa salat disini bersama keluarganya. Donasikan juga sedekah ke masjid ini, maka sedekah jariyah itu akan mengangkat semua masalah kalian.

Wa min Allah at Tawfiq. Fatihah.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...