Wednesday, December 19, 2012

Bersiwak lah sebelum Shalat!

Bersiwak lah sebelum Shalat!

Imam di setiap masjid harus menggugah jemaahnya untuk bersiwak sebelum salat. Karena Nabi SAW pernah bersabda, “Salat dengan bersiwak setara dengan 27 salat tanpa bersiwak.” Nabi SAW juga bersabda bahwa siwak akan membersihkan unsur syirik dan kemunafikan dari hati orang-orang beriman. Ketika menggunakan siwak disunahkan untuk berdoa, “Allaahumma thahhir qalbii min al-syirk wa al-nifaaq (Ya Allah SWT, sucikanlah hati kami dari syirik dan kemunafikan).” 

Mawlana Syaikh Muhammad Hisyam Kabbani qs


Hadist Berkaitan dengan SIWAK

“Apa yang mulai Nabi saw lakukan apabila beliau masuk rumah?” Aisyah ra menjawab: ‘Beliau mulai dengan bersiwak’.” (HR. Muslim no. 589)

“Adalah Rasulullah saw apabila bangun di waktu malam beliau menggosok mulutnya dengan siwak.” (HR. Al-Bukhari no. 245, 889, 1136 dan Muslim no. 592, 594)

“Rasulullah saw tidaklah tidur melainkan siwak berada di sisi beliau. Bila terbangun dari tidur, beliau mulai dengan bersiwak.” (HR. Ahmad)

Ketika hendak membaca Al-Qur`an bersiwaklah, Dengan dalil sabda Rasulullah saw: “Siwak itu membersihkan mulut, diridhai oleh Ar-Rabb.” (HR. Ahmad 6/47,62, 124, 238, An-Nasa`i no. 5)

“Seandainya aku tidak memberatkan umatku, niscaya aku perintahkan mereka untuk bersiwak setiap kali setiap kali hendak mengerjakan shalat.” (Hadist Nabi saw)

Ibnu Qudamah ra menyatakan disenanginya tayammun (mendahulukan bagian yang kanan) dalam bersiwak dan disenangi mencuci siwak dengan air untuk menghilangkan kotoran yang mungkin menempel padanya

Dari Ali bin Abi Thalib ra, Rasulallah saw bersabda, "Sesungguhnya seorang hamba bila bersiwak lalu berdiri mengerjakan shalat, maka berdirilah seorang malaikat dibelakangnya lalu mendengarkan bacaannya dengan seksama kemudian dia mendekatinya (atau beliau mengucapkan kalimat seperti itu) hingga malaikat itu meletakkan mulutnya diatas mulut orang yang membaca al-Qur'an, maka tidaklah keluar dari mulutnya bacaan al-Qur'an itu melainkan langsung ke perut malaikat, oleh sebab itu bersihkanlah mulut-mulut kalian untuk membaca al-Qur'an.

"Siwak merupakan kebersihan bagi mulut dan keridhoan bagi Rob". (HR: Ahmad)

“Kalau bukan karena akan memberatkan umatku maka akan kuperintahkan mereka untuk bersiwak setiap akan wudlu”. (HR: Bukhori dan Muslim)

“Kalau bukan karena akan memberatkan umatku maka akan kuperintahkan mereka untuk bersiwak setiap akan salat”. (HR: Bukhori dan Muslim)

Bersiwak adalah sunah Rasululloh SAW. Dari Zaid bin Klalid Al Juhaini berkata “ Tidaklah Rasululloh SAW, ketika hendak keluar dari rumahnya karena suatu urusan untuk shalat melainkan beliau bersiwak (terlebih dahulu)” HR Thabrani

“Keutamaan shalat denga siwak dengan shalat yang dilakukan tanpa siwak adalah 70 kali lipatnya “(HR Ahmad Al Bazar, Ibnu Khuzaimah)

      
 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...